Aksi Nyata Topik 6 - Isu-Isu Penyelenggaraan Pendidikan Dan Pembelajaran Di Sekolah Dalam Perspektif Sosial, Budaya, Ekonomi, Dan Politik
Isu-Isu Penyelenggaraan Pendidikan Dan Pembelajaran Di Sekolah Dalam Perspektif Sosial, Budaya, Ekonomi, Dan Politik
1. Apa yang Anda
pikirkan tentang topik ini sebelum memulai proses pembelajaran?
Sebelum mempelajari tentang isu-isu
penyelenggaraan pendidikan dan pembelajaran penerapan di sekolah dalam
perspektif sosial, budaya, ekonomi dan politik saya belum menyadari bahwa
isu-isu tersebut juga memberikan dampak pada peserta didik dalam kegiatan
pembelajaran. Pemahaman ini mengisyaratkan bahwa guru perlu mengambil
tindakan bijak dalam memilah-milah isu-isu tersebut dalam konteks kegiatan
pembelajaran di sekolah. Oleh karena itu sebagai guru harus bijak dalam memilah isu-isu perspektif
sosial, budaya, ekonomi dan politik dalam kegiatan kegiatan pembelajaran di
sekolah.
2. Apa yang Anda
pelajari dari konsep yang Anda pelajari dalam topik ini?
Topik
ini menguraikan isu-isu penyelenggaraan pendidikan dan implementasi
pembelajaran di lingkungan sekolah, meneliti perspektif sosial, budaya,
ekonomi, dan politik. Selain itu, topik ini juga mengaitkan
dan menyimpulkan isu-isu terkait pendekatan, strategi, metode, dan teknik
dengan materi pembelajaran yang diterapkan sebagai scaffolding pada Zona of Proximal
Development (ZPD) untuk mewujudkan
pendidikan yang berorientasi pada peserta didik.
3. Apa yang Anda
pelajari lebih lanjut bersama dengan rekan-rekan Anda dalam ruang kolaborasi?
Dalam ruang kolaborasi yang telah
saya pelajari lebih lanjut bersama dengan rekan-rekan yaitu mengenai pandangan
masing-masing mengenai penerapan isu-isu penyelenggaraan pendidikan dan
pembelajaran penerapan di sekolah dalam perspektif sosial, budaya, ekonomi dan
politik.
Selain itu, kami mengaitkan dan merangkum isu-isu terkait, termasuk pendekatan,
strategi, metode, dan teknik, bersama dengan materi pembelajaran sebagai
pendukung (scaffolding) pada Zona of Proximal Development (ZPD). Partisipasi
dalam kegiatan tersebut telah memperkaya pemahaman saya dan memberikan sudut
pandang baru terkait penerapan ZPD dalam proses pembelajaran.
4. Apa hal penting
yang Anda pelajari dari proses demonstrasi kontekstual yang Anda jalani bersama
kelompok (bisa tentang materi, rekan, dan diri sendiri)?
Dari
pengalaman demonstrasi kontekstual, saya menekankan pentingnya diskusi tentang
kesiapan pendidik dalam menghadapi isu-isu penyelenggaraan pendidikan dan
pembelajaran di sekolah. Saya juga menyoroti pentingnya
setiap anggota kelompok menyampaikan
pandangannya terkait isu-isu pendidikan dan pembelajaran. Diantara
kami terdapat
persamaan dan perbedaan sehingga memperluas
pandangan kami terkait
isu-isu tersebut. Namun di akhir
diskusi, kami menemukan kesepakatan bersama dalam menanggapi dan mempersiapkan
tindakan nyata tentang isu-isu penyelenggaran pendidikan dan pembelajaran di
sekolah.
5. Sejauh ini, apa
yang sudah Anda pahami tentang topik ini? Apa hal baru yang Anda pahami atau
yang berubah dari pemahaman di awal sebelum pembelajaran dimulai?, Apa yang
ingin Anda pelajari lebih lanjut
Sejauh ini, saya
mulai mendapatkan gambaran mengenai topik ini mencakup isu-isu penyelenggaraan
pendidikan dan pembelajaran di sekolah dari aspek sosial, budaya, ekonomi, dan
politik. Pada praktiknya, saya mencoba menghubungkan dan
merangkum isu-isu terkait seperti pendekatan, strategi, metode, dan teknik,
serta penerapan materi pembelajaran sebagai pendukung (scaffolding) pada Zona
of Proximal Development (ZPD). Pemahaman baru yang saya peroleh dari mata
kuliah ini adalah kesadaran yang lebih mendalam akan pentingnya
mempertimbangkan isu-isu tersebut dalam kegiatan pembelajaran. Di awal topik saya tidak meyakini seberapa penting
isu-isu penyelenggaran pendidikan dan pembelajaran di sekolah yang kerap
terjadi ini. Namun setelah saya membaca dan berdiskusi dengan rekan kelompok,
saya paham bahwa penting sekali memahami dan menanggapi isu-isu tersebut. Hal ini
berguna bagi saya dan rekan-rekan sebagai dasar untuk merancang pembelajaran
yang sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan peserta didik dengan
memperhatikan aspek sosial, budaya, ekonomi, dan politik. Guru dapat
mengintegrasikan isu-isu dengan materi pembelajaran yang sesuai. Hal yang saya pelajari lebih lanjut
mengenai topik ini yaitu bagaimana cara merancang pembelajaran dengan tepat
yang menyesuai dengan kebutuhan dan perkembangan peserta didik dengan
memperhatikan perspektif sosial, budaya, ekonomi dan politik?
6. Apa yang Anda
pelajari dari koneksi antar materi baik di dalam mata kuliah yang sama maupun
dengan mata kuliah lain?
Setelah saya mendalami dan mengekplorasi materi pada
topik ini, saya berusaha mengoneksikan antar materi dalam mata kuliah
ini dengan mata kuliah lain mencakup implementasi isu-isu penyelenggaraan
pendidikan dan pembelajaran di sekolah, dilihat dari perspektif sosial, budaya,
ekonomi, dan politik. Tujuannya adalah menciptakan lingkungan pembelajaran yang
aman dan nyaman, memberikan dukungan kepada guru untuk membentuk atmosfer
belajar yang berfokus pada kebutuhan peserta didik.
Saya melihat bahwa mata kuliah pembelajaran berdiferensiasi guru dapat merencanakan
pembelajaran yang sesuai dengan profil peserta didik dengan memperhatikan
isu-isu tersebut. Hal lain juga ada pada berkaitan dengan filosofi pendidikan
yang mengharuskan pendidikan harus berpihak dan memerdekakan peserta didik.
7. Apa manfaat pembelajaran ini untuk kesiapan Anda sebagai guru?,
Bagaimana Anda menilai kesiapan Anda saat ini, dalam skala 1-10?, Apa
alasannya?, Apa yang perlu Anda persiapkan lebih lanjut untuk bisa
menerapkannya dengan optimal?
Mempelajari perspektif sosiokultural memberikan manfaat dalam memahami pentingnya memperhatikan isu-isu penyelenggaraan pendidikan dan penerapan pembelajaran di sekolah, melibatkan aspek sosial, budaya, ekonomi, dan politik sesuai dengan latar belakang peserta didik. Kaitannya dengan pendekatan, strategi, metode, dan teknik pembelajaran serta penerapan materi sebagai scaffolding pada ZPD juga menjadi fokus. Meskipun kesiapan saya saat ini berada di angka 7, saya menyadari perlunya pemahaman yang lebih lanjut dalam menerapkan isu-isu ini untuk membantu guru menciptakan lingkungan belajar yang mendukung peserta didik. Untuk meningkatkan kesiapan, saya merencanakan untuk mendalami penerapan isu-isu sosial, budaya, ekonomi, dan politik dengan menambah literasi serta saling bertukar pendapat dan diskusi sehat dengan rekan sejawat.
Komentar
Posting Komentar