Aksi Nyata Topik 6 - Isu-Isu Penyelenggaraan Pendidikan Dan Pembelajaran Di Sekolah Dalam Perspektif Sosial, Budaya, Ekonomi, Dan Politik


Isu-Isu Penyelenggaraan Pendidikan Dan Pembelajaran Di Sekolah Dalam Perspektif Sosial, Budaya, Ekonomi, Dan Politik


1. Apa yang Anda pikirkan tentang topik ini sebelum memulai proses pembelajaran?

Sebelum mempelajari tentang isu-isu penyelenggaraan pendidikan dan pembelajaran penerapan di sekolah dalam perspektif sosial, budaya, ekonomi dan politik saya belum menyadari bahwa isu-isu tersebut juga memberikan dampak pada peserta didik dalam kegiatan pembelajaran. Pemahaman ini mengisyaratkan bahwa guru perlu mengambil tindakan bijak dalam memilah-milah isu-isu tersebut dalam konteks kegiatan pembelajaran di sekolah. Oleh karena itu sebagai guru harus bijak dalam memilah isu-isu perspektif sosial, budaya, ekonomi dan politik dalam kegiatan kegiatan pembelajaran di sekolah.

2. Apa yang Anda pelajari dari konsep yang Anda pelajari dalam topik ini?

Topik ini menguraikan isu-isu penyelenggaraan pendidikan dan implementasi pembelajaran di lingkungan sekolah, meneliti perspektif sosial, budaya, ekonomi, dan politik. Selain itu, topik ini juga mengaitkan dan menyimpulkan isu-isu terkait pendekatan, strategi, metode, dan teknik dengan materi pembelajaran yang diterapkan sebagai scaffolding pada Zona of Proximal Development  (ZPD) untuk mewujudkan pendidikan yang berorientasi pada peserta didik.

3. Apa yang Anda pelajari lebih lanjut bersama dengan rekan-rekan Anda dalam ruang kolaborasi?

Dalam ruang kolaborasi yang telah saya pelajari lebih lanjut bersama dengan rekan-rekan yaitu mengenai pandangan masing-masing mengenai penerapan isu-isu penyelenggaraan pendidikan dan pembelajaran penerapan di sekolah dalam perspektif sosial, budaya, ekonomi dan politik. Selain itu, kami mengaitkan dan merangkum isu-isu terkait, termasuk pendekatan, strategi, metode, dan teknik, bersama dengan materi pembelajaran sebagai pendukung (scaffolding) pada Zona of Proximal Development (ZPD). Partisipasi dalam kegiatan tersebut telah memperkaya pemahaman saya dan memberikan sudut pandang baru terkait penerapan ZPD dalam proses pembelajaran.

4. Apa hal penting yang Anda pelajari dari proses demonstrasi kontekstual yang Anda jalani bersama kelompok (bisa tentang materi, rekan, dan diri sendiri)?

Dari pengalaman demonstrasi kontekstual, saya menekankan pentingnya diskusi tentang kesiapan pendidik dalam menghadapi isu-isu penyelenggaraan pendidikan dan pembelajaran di sekolah. Saya juga menyoroti pentingnya setiap anggota kelompok menyampaikan pandangannya terkait isu-isu pendidikan dan pembelajaran. Diantara kami terdapat persamaan dan perbedaan sehingga memperluas pandangan kami terkait isu-isu tersebut. Namun di akhir diskusi, kami menemukan kesepakatan bersama dalam menanggapi dan mempersiapkan tindakan nyata tentang isu-isu penyelenggaran pendidikan dan pembelajaran di sekolah.

5. Sejauh ini, apa yang sudah Anda pahami tentang topik ini? Apa hal baru yang Anda pahami atau yang berubah dari pemahaman di awal sebelum pembelajaran dimulai?, Apa yang ingin Anda pelajari lebih lanjut

Sejauh ini, saya mulai mendapatkan gambaran mengenai topik ini mencakup isu-isu penyelenggaraan pendidikan dan pembelajaran di sekolah dari aspek sosial, budaya, ekonomi, dan politik. Pada praktiknya, saya mencoba menghubungkan dan merangkum isu-isu terkait seperti pendekatan, strategi, metode, dan teknik, serta penerapan materi pembelajaran sebagai pendukung (scaffolding) pada Zona of Proximal Development (ZPD). Pemahaman baru yang saya peroleh dari mata kuliah ini adalah kesadaran yang lebih mendalam akan pentingnya mempertimbangkan isu-isu tersebut dalam kegiatan pembelajaran. Di awal topik saya tidak meyakini seberapa penting isu-isu penyelenggaran pendidikan dan pembelajaran di sekolah yang kerap terjadi ini. Namun setelah saya membaca dan berdiskusi dengan rekan kelompok, saya paham bahwa penting sekali memahami dan menanggapi isu-isu tersebut. Hal ini berguna bagi saya dan rekan-rekan sebagai dasar untuk merancang pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan peserta didik dengan memperhatikan aspek sosial, budaya, ekonomi, dan politik. Guru dapat mengintegrasikan isu-isu dengan materi pembelajaran yang sesuai. Hal yang saya pelajari lebih lanjut mengenai topik ini yaitu bagaimana cara merancang pembelajaran dengan tepat yang menyesuai dengan kebutuhan dan perkembangan peserta didik dengan memperhatikan perspektif sosial, budaya, ekonomi dan politik?

6. Apa yang Anda pelajari dari koneksi antar materi baik di dalam mata kuliah yang sama maupun dengan mata kuliah lain?

Setelah saya mendalami dan mengekplorasi materi pada topik ini, saya berusaha mengoneksikan antar materi dalam mata kuliah ini dengan mata kuliah lain mencakup implementasi isu-isu penyelenggaraan pendidikan dan pembelajaran di sekolah, dilihat dari perspektif sosial, budaya, ekonomi, dan politik. Tujuannya adalah menciptakan lingkungan pembelajaran yang aman dan nyaman, memberikan dukungan kepada guru untuk membentuk atmosfer belajar yang berfokus pada kebutuhan peserta didik. Saya melihat bahwa mata kuliah pembelajaran berdiferensiasi guru dapat merencanakan pembelajaran yang sesuai dengan profil peserta didik dengan memperhatikan isu-isu tersebut. Hal lain juga ada pada berkaitan dengan filosofi pendidikan yang mengharuskan pendidikan harus berpihak dan memerdekakan peserta didik.

7. Apa manfaat pembelajaran ini untuk kesiapan Anda sebagai guru?, Bagaimana Anda menilai kesiapan Anda saat ini, dalam skala 1-10?, Apa alasannya?, Apa yang perlu Anda persiapkan lebih lanjut untuk bisa menerapkannya dengan optimal?

Mempelajari perspektif sosiokultural memberikan manfaat dalam memahami pentingnya memperhatikan isu-isu penyelenggaraan pendidikan dan penerapan pembelajaran di sekolah, melibatkan aspek sosial, budaya, ekonomi, dan politik sesuai dengan latar belakang peserta didik. Kaitannya dengan pendekatan, strategi, metode, dan teknik pembelajaran serta penerapan materi sebagai scaffolding pada ZPD juga menjadi fokus. Meskipun kesiapan saya saat ini berada di angka 7, saya menyadari perlunya pemahaman yang lebih lanjut dalam menerapkan isu-isu ini untuk membantu guru menciptakan lingkungan belajar yang mendukung peserta didik. Untuk meningkatkan kesiapan, saya merencanakan untuk mendalami penerapan isu-isu sosial, budaya, ekonomi, dan politik dengan menambah literasi serta saling bertukar pendapat dan diskusi sehat dengan rekan sejawat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Aksi Nyata Topik 1 - Pengantar Pemahaman Perspektif Sosio-Kultural

Aksi Nyata Topik 3 - Perspektif Sosial, Budaya, Ekonomi, dan Politik dalam Pembelajaran

Aksi Nyata Topik 2 - Konsep Dasar Perspektif Sosiokultural dalam Pendidikan