Aksi Nyata Topik 2 - Konsep Dasar Perspektif Sosiokultural dalam Pendidikan


Apa yang Anda pikirkan tentang topik ini sebelum memulai proses pembelajaran?

Konsep dasar perspektif sosiokultural dalam pendidikan memberikan gambaran baru bagaimana proses pendidikan berlangsung untuk mencapai tujuan pendidikan. Berbagai faktor yang memengaruhi sangat berperan penting dalam perkembangan peserta didik antara lain faktor sosial, budaya, ekonomi hingga politik. Tersebab itulah guru harusnya memberikan perlakuan yang berbeda pada setiap peserta didik dalam pembelajaran di kelas, melihat latar belakangnya yang beragam.

Teori tentang pendidikan multikulturalisme menekankan bahwa lingkungan anak sangat memengaruhi perkembangan kognitif, karakter, dan potensinya. Pembelajaran dengan konteks sosial dan budaya membantu tercapainya tujuan pembelajaran dalam konteks pendidikan bermasyarakat. Guru dapat melakukan observasi untuk mengetahui keberagaman yang dimiliki peserta didik. Guru dapat melakukan tes diagnostik kognitif maupunn non-kognitif untuk peserta didik sebelum memulai pembelajaran sehingga guru mendapatkan wawasan keberagaman itu. Lantas yang perlu diulas lebih lanjut adalah bagaimana pemahaman tentang konsep perspektif sosiokultural diimplementasikan dalam merancang kurikulum pembelajaran yang relevan dan tepat sesuai dengan konteks pencapaian berkembangnya peserta didik.

Apa yang Anda pelajari dari konsep yang Anda pelajari dalam topik ini? 

Pada topik ini dipelajari tentang bagaimana proses interaksi yang terjadi antara individu dan lingkunga sekitar memengaruhi peserta didik. Aktivitas sosial dan interaksi orang dewasa-anak yang membentuk dasar sosialisasi kognitif. Pada topik ini menilai sejauh mana aktivitas sehari-hari berbeda menurut status sosioekonomi (SES) dan Cultural-Historical Activity Theory (CHAT) dapat memengaruhi perkembangan peserta didik.

SES adalah cara untuk mengelompokkan individu maupun sebuah keluarga berdasarkan kemampuan ekonomi dan status sosialnya, sedangkan CHAT dicirikan oleh perkembangan dan analisis sosial tindakan manusia yang umumnya dimediasi oleh alat budaya yang berbeda. Adanya perbedaan antar kelompok SES sangat mempengaruhi pembentukan perkembangan individu dengan adanya perbedaan pola interaksi yang dimiliki setiap individu. Hal ini sangat penting dalam pendidikan karena dengan adanya perbedaan ini akan mempengaruhi cara pandang dan kebutuhan belajar setiap peserta didik. (CHAT) dapat digunakan untuk memahami bagaimana aktivitas manusia, budaya, dan pengembangan dipengaruhi oleh faktor-faktor sosial dan ekonomi yang dimiliki setiap individu.

Apa yang Anda pelajari lebih lanjut bersama dengan rekan-rekan Anda dalam ruang kolaborasi?

Pada alur ruang kolaborasi, secara berkelompok mendalami topik yang berkaitan dengan hubungan serta interaksi yang dapat memberikan pengaruh terhadap perkembangan sosial kognitif dari anak-anak. Pendalaman ini berdasaran dari sumber informasi yang di dapatkan dari beberapa buku yang sudah kami ulas secara mendalam, antara lain “Belajar Berdemostrasi” (bagian yang relevan terdapat pada halaman 58–75), “Ray Pecandu Game Online” (bagian yang relevan terdapat pada halaman 76–92), dan “Melawan Setan Bermata Runcing: Pengalaman Pergerakan Pendidikan Sokola” (bagian yang relevan terdapat pada halaman 125–156).

Diskusi tentang buku-buku tersebut menghasilkan kesimpulan bahwa perbedaan sosiokultural yang dimiliki menyebabkan proses pembelajaran yang dilaksanakan tidak dapat disamakan di beberapa tempat dan kondisi. Proses pembelajaran yang dilaksanakan di kota akan berbeda dengan proses pembelajaran yang dilaksanakan di desa/pedalaman. Pelaksanaan pendidikan juga harus disesuaikan dengan kebutuhan dan keadaan lingkungan sekitar peserta didik. Maka dari itu menjadi tanggung jawab seorang guru dalam menyusun rencana pembelajaran yang relevan.

Apa hal penting yang Anda pelajari dari proses demonstrasi kontekstual yang Anda jalani bersama kelompok (bisa tentang materi, rekan, dan diri sendiri)?

Salah satu aspek penting yang didapatkan berdasarkan hasil dari demonstrasi kontekstual yaitu mengenai adanya peran penting dari dilakukannya diskusi terhadap implementasi perencanaan strategi pembelajaran yang dapat disesuaikan dengan latar belakang sosial ekonomi yang dimiliki oleh peserta didik. Diskusi ini bertujuan adalah agar dapat mengidentifikasi serta mencari solusi mengenai tantangan pembelajaran yang akan ditemui, sekaligus menemukan solusi sehingga dapat dijadikan sebagai pedoman dalam melakukan perancangan kegiatan pembelajaran. Melalui hal itu, hasil dari proses demonstrasi kontekstual dapat menjadi landasan menyusun pembelajaran yang lebih efektif dan releven sesuai keberagaman peserta didik.

Sejauh ini, apa yang sudah Anda pahami tentang topik ini? Apa hal baru yang Anda pahami atau yang berubah dari pemahaman di awal sebelum pembelajaran dimulai ? Apa yang ingin Anda pelajari lebih lanjut?  

Sejauh ini hal yang sudah didapatkan dalam mempelajari topik ini adalah bahwa perbedaan sosiokultural yang dimiliki peserta didik dapat mempengaruhi pelaksanaan pembelajaran di dalam kelas. Konsep-konsep baru yang menekankan lebih dalam bahwa perbedaan sosiokultural yang dimiliki dapat disebabkan oleh perbedaan Status Sosio Ekonomi (SES) dan Cultural-Historical Activity Theory (CHAT).Lebih lanjut memahami topik ini akan lebih matang apabila belajar tentang cara mengimplementasikan dan mempertimbangkan konsep-konsep ini dalam perancangan dan pelaksanaan strategi pembelajaran yang dapat mendukung keberagaman dalam proses pembelajaran.

Apa yang Anda pelajari dari koneksi antar materi baik di dalam mata kuliah yang sama maupun dengan mata kuliah lain? 

Salah satu konsep yang dapat dipelajari dan dipahami dalam koneksi antar materi pada mata kuliah ini dengan mata kuliah lainnya adalah bagaimana seorang guru bisa menciptakan kegiatan pembelajaranyang efektif. Hal ini bertujuan untuk bisa menciptakan lingkungan belajar yang mampu menunjang peserta didik dengan memberikan peluang kepada mereka untuk mampu menggali lebih dalam tentang pengetahuan, minat, bakat, serta potensi yang mereka miliki.

Memahami latar belakang dan karakter peserta didik sangat penting dilakukan oleh seorang pendidik untuk dapat memberikan pembelajaran yang berpihak kepada peserta didik. Pembelajaran berdiferensiasi menjelaskan bahwa guru dapat menciptakan pembelajaran yang dekat dengan peserta didik dan membebaskan peserta didik untuk mengekspresikan pemahamannya melalui produk yang dihasilkan peserta didik sesuai dengan latar belakang sosial ekonomi yang dimilikinya. Selanjutnya pendidikan yang berlangsung hendaknya dapat menuntun peserta didik untuk mengembangkan potensi yang dimilikinya sesuai dengan kodrat alam dan kodrat zaman. Pada akhirnya guru dapat mengimplementasikannya dalam perancangan pembelajaran dan asesmen yang tepat dan sesuai untuk dapat membantu mengembangkan potensi yang dimiliki peserta didik.

Apa manfaat pembelajaran ini untuk kesiapan Anda sebagai guru? Bagaimana Anda menilai kesiapan Anda saat ini, dalam skala 1-10? Apa alasannya? Apa yang perlu Anda persiapkan lebih lanjut untuk bisa menerapkannya dengan optimal?

Manfaat yang dapat diperoleh setelah memahami topik perspektif sosiokultural ini adalah memiliki kemampuan untuk dapat merencanakan kegiatan pembelajaran yang mampu memberikan pertimbangan terhadap keberagaman latar belakang sosial ekonomi dari peserta didik. Selanjutnya secara penilaian pribadi kesiapan diri diukur pada skala 8 dari 1 sampai dengan 10. Alasannya bahwa memahami konsep ini bukan hanya sampai pada teoritis saja namun dibuktikan dengan praktik. Namun memahami konsep dari teori saja merupakan langkah penting yang baik dalam menentukan langkah praktisnya.

Lebih lanjut mempersiapkan kesiapan yang lain juga diperlukan untuk mengimplementasikan konsep ini. Kebutuhan peserta didik akan pendidikan yang mendukung berkembangnya potensi yang ada dalam dirinya adalah hal penting. Maka dari itu sepatutnya guru dalam proses belajarnya bersedia menemani, menjadi pribadi yang lebih memiliki responsif dan inklusif dalam memfasilitasi pengalaman belajar yang lebih relevan dan bermakna bagi setiap peserta didik. -fos

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Aksi Nyata Topik 1 - Pengantar Pemahaman Perspektif Sosio-Kultural

Aksi Nyata Topik 3 - Perspektif Sosial, Budaya, Ekonomi, dan Politik dalam Pembelajaran