Aksi Nyata Topik 4 - Pembelajaran pada 'Zone of Proximal Development (ZPD)'

 


Pembelajaran pada 'Zone of Proximal Development (ZPD)'

1. Mulai dari Diri: Apa yang Anda pikirkan tentang topik ini sebelum memulai proses pembelajaran?

Sebelum terlibat dalam proses pembelajaran tentang penerapan Zona Perkembangan Proksimal (ZPD) dalam pembelajaran saya masih belum memahami mengenai pentingnya pengaruh antara hubungan interaksi antara peserta didik dengan lingkungannya. Hubungan tersebut dapat mempengaruhi tingkat pemahaman peserta didik dalam kegiatan pembelajaran. Oleh sebab itu melalui penerapan ZPD guru dapat memberikan bantuan yang dapat membantu peserta didik dalam menyelesaikan suatu permasalahan yang diberikan.

2. Apa yang Anda pelajari dari konsep yang Anda pelajari dalam topik ini?

Pada topik ini menjelaskan mengenai Zona Perkembangan Proksimal (ZPD) yang berfokus pada hubungan manusia yang harus dipahami dalam konteks sosial, budaya, dan sejarahnya. Pengaruh ZPD mengambil peran sangat besar pada proses dan hasil belajar peserta didik.  Selain itu pada topik ini juga membahas mengenai pengelompokan individu berdasarkan kemampuan ekonomi dan status sosialnya. Oleh sebab itu sebagai perlu mengetahui peserta didik dengan baik baik melalui latar belakang, karakter, kebutuhan, perkembangan, status sosial peserta didik sehingga dapat mencipkatan pembelajaran yang berpusat pada peserta didik agar pembelajaran dapat berjalan efektif.

3. Apa yang Anda pelajari lebih lanjut bersama dengan rekan-rekan Anda dalam ruang kolaborasi?

Dalam ruang kolaborasi yang telah saya pelajari lebih lanjut bersama dengan rekan-rekan yaitu mengenai pandangan masing-masing mengenai penerapan ZPD dalam kegiatan pembelajaran. Melalui kegiatan tersebut membantu saya lebih mengetahui sudut pandang lain mengenai penerapan ZPD dalam kegiatan pembelajaran. Beberapa diantaranya memiliki kesamaan dalam memandang topik ini, namun ada juga perbedaan diantara masing-masing kelompok. Berbagai sudut pandangan tersebut membuat pemahaman saya semakin kuat dan keyakinan dalam mempersiapkan diri menjadi guru yang lebih profesional semakin tinggi.  

4. Apa hal penting yang Anda pelajari dari proses demonstrasi kontekstual yang Anda jalani bersama kelompok (bisa tentang materi, rekan, dan diri sendiri)?

Hal penting yang dipelajari dari proses demonstrasi kontekstual yaitu mengenai penerapan ZPD dalam pembelajaran dengan mempertimbangkan latar belakang peserta didik guna menciptakan pembelajaran yang efektif.

5. Sejauh ini, apa yang sudah Anda pahami tentang topik ini? Apa hal baru yang Anda pahami atau yang berubah dari pemahaman di awal sebelum pembelajaran dimulai ? Apa yang ingin Anda pelajari lebih lanjut? 

Sejauh ini pemahaman saya tentang topik ini bahwa perspektif yang melibatkan hubungan interaksi lingkungan dengan peserta didik memiliki pengaruh dalam pembelajaran. Hal baru yang saya pelajari membuat lebih mengerti tentang pentingnya menerapkan ZPD dalam pembelajaran. Selain itu dengan memahami penerapan ZPD dapat digunakan sebagai bekal dalam membantu guru dalam menyelesaikan masalah-masalah yang nanti ditemukan di lapangan. Oleh karena itu dengan memahami peserta didik berdasarkan latar belakang mereka selain dapat membantu guru menyesuaikan materi pelajaran, guru juga dapat memberikan bantuan yang tepat bagi peserta didik dalam menyelesaikan sutau permasalahan sesuai dengan tahapan perkembangan peserta didik.

6. Apa yang Anda pelajari dari koneksi antar materi baik di dalam mata kuliah yang sama maupun dengan mata kuliah lain? 

Materi yang sudah saya pelajari pada koneksi antar materi pada mata kuliah ini dengan mata kuliah lain adalah penerapan ZPD dalam pembelajaran dengan mempertimbangkan latar belakang peserta didik. prinsip pengajaran dan assesmen serta literasi lintas mata pelajaran yang mana keterkaitan tersebut saling terhubung, melengkapi dan mendukung satu sama lain. Berdasarkan hal tersebut saya mengetahui bahwa materi perspektif sosiokultural memiliki keterkaitan dengan materi filosofi pendidikan, pemahaman peserta didik, prinsip pengajaran dan assesmen serta literasi lintas mata pelajaran dengan tujuan untuk menciptakan pembelajaran yang efektif.

7. Apa manfaat pembelajaran ini untuk kesiapan Anda sebagai guru? Bagaimana Anda menilai kesiapan Anda saat ini, dalam skala 1-10? Apa alasannya? Apa yang perlu Anda persiapkan lebih lanjut untuk bisa menerapkannya dengan optimal?
Manfaat memperlajari perspektif sosiokultural membantu saya memahami pentingnya penerapan ZPD dalam pembelajaran karena ZPD berfokus pada hubungan interkasi antara peserta didik dengan lingkungannya. Kesiapan saya saat ini berada pada skala 7. Alasannya karena saya menyadari bahwa memberikan penerapan ZPD saat kegiatan pembelajaran dapat membantu guru menciptakan pembelajaran yang efektif. Hal yang perlu saya persiapkan lebih lanjut untuk menerapkannya dengan optimal yaitu mempelajari lebih lanjut mengenai penerapan ZPD serta memberikan bantuan berupa dorongan maupun petunjuk sesuai dengan tingkat perkembangan dan latar belakang peserta didik.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Aksi Nyata Topik 1 - Pengantar Pemahaman Perspektif Sosio-Kultural

Aksi Nyata Topik 3 - Perspektif Sosial, Budaya, Ekonomi, dan Politik dalam Pembelajaran

Aksi Nyata Topik 2 - Konsep Dasar Perspektif Sosiokultural dalam Pendidikan