Aksi Nyata Topik 4 - Pembelajaran pada 'Zone of Proximal Development (ZPD)'
Pembelajaran pada 'Zone of Proximal Development (ZPD)'
1. Mulai dari Diri: Apa yang Anda pikirkan tentang topik ini sebelum memulai proses pembelajaran?
Sebelum terlibat dalam proses pembelajaran tentang penerapan Zona Perkembangan Proksimal (ZPD) dalam pembelajaran saya masih belum memahami mengenai pentingnya pengaruh antara hubungan interaksi antara peserta didik dengan lingkungannya. Hubungan tersebut dapat mempengaruhi tingkat pemahaman peserta didik dalam kegiatan pembelajaran. Oleh sebab itu melalui penerapan ZPD guru dapat memberikan bantuan yang dapat membantu peserta didik dalam menyelesaikan suatu permasalahan yang diberikan.
2. Apa yang Anda pelajari dari konsep yang Anda pelajari dalam topik ini?
Pada topik ini menjelaskan mengenai Zona
Perkembangan Proksimal (ZPD) yang berfokus pada hubungan manusia yang harus
dipahami dalam konteks sosial, budaya, dan sejarahnya. Pengaruh ZPD mengambil
peran sangat besar pada proses dan hasil belajar peserta didik. Selain itu pada topik ini juga membahas
mengenai pengelompokan individu berdasarkan kemampuan ekonomi dan status
sosialnya. Oleh sebab itu sebagai perlu mengetahui peserta didik dengan baik
baik melalui latar belakang, karakter, kebutuhan, perkembangan, status sosial
peserta didik sehingga dapat mencipkatan pembelajaran yang berpusat pada
peserta didik agar pembelajaran dapat berjalan efektif.
3. Apa yang
Anda pelajari lebih lanjut bersama dengan rekan-rekan Anda dalam ruang kolaborasi?
Dalam ruang kolaborasi yang telah saya pelajari
lebih lanjut bersama dengan rekan-rekan yaitu mengenai pandangan masing-masing
mengenai penerapan ZPD dalam kegiatan pembelajaran. Melalui kegiatan tersebut
membantu saya lebih mengetahui sudut pandang lain mengenai penerapan ZPD dalam
kegiatan pembelajaran. Beberapa diantaranya memiliki kesamaan dalam memandang topik ini, namun ada juga perbedaan diantara masing-masing kelompok. Berbagai sudut pandangan tersebut membuat pemahaman saya semakin kuat dan keyakinan dalam mempersiapkan diri menjadi guru yang lebih profesional semakin tinggi.
4. Apa hal
penting yang Anda pelajari dari proses demonstrasi kontekstual yang Anda jalani
bersama kelompok (bisa tentang materi, rekan, dan diri sendiri)?
Hal penting yang dipelajari dari proses
demonstrasi kontekstual yaitu mengenai penerapan ZPD dalam pembelajaran dengan
mempertimbangkan latar belakang peserta didik guna menciptakan pembelajaran
yang efektif.
5. Sejauh ini,
apa yang sudah Anda pahami tentang topik ini? Apa hal
baru yang Anda pahami atau yang berubah dari pemahaman di awal sebelum
pembelajaran dimulai ? Apa yang
ingin Anda pelajari lebih lanjut?
Sejauh ini pemahaman saya tentang topik ini
bahwa perspektif yang melibatkan hubungan interaksi lingkungan dengan peserta
didik memiliki pengaruh dalam pembelajaran. Hal baru yang saya pelajari membuat
lebih mengerti tentang pentingnya menerapkan ZPD dalam pembelajaran. Selain itu
dengan memahami penerapan ZPD dapat digunakan sebagai bekal dalam membantu guru
dalam menyelesaikan masalah-masalah yang nanti ditemukan di lapangan. Oleh
karena itu dengan memahami peserta didik berdasarkan latar belakang mereka
selain dapat membantu guru menyesuaikan materi pelajaran, guru juga dapat
memberikan bantuan yang tepat bagi peserta didik dalam menyelesaikan sutau
permasalahan sesuai dengan tahapan perkembangan peserta didik.
6. Apa yang
Anda pelajari dari koneksi antar materi baik di dalam mata kuliah yang sama
maupun dengan mata kuliah lain?
Materi yang sudah saya pelajari pada koneksi
antar materi pada mata kuliah ini dengan mata kuliah lain adalah penerapan ZPD
dalam pembelajaran dengan mempertimbangkan latar belakang peserta didik.
prinsip pengajaran dan assesmen serta literasi lintas mata pelajaran yang mana
keterkaitan tersebut saling terhubung, melengkapi dan mendukung satu sama lain.
Berdasarkan hal tersebut saya mengetahui bahwa materi perspektif sosiokultural
memiliki keterkaitan dengan materi filosofi pendidikan, pemahaman peserta
didik, prinsip pengajaran dan assesmen serta literasi lintas mata pelajaran
dengan tujuan untuk menciptakan pembelajaran yang efektif.
7. Apa manfaat
pembelajaran ini untuk kesiapan Anda sebagai guru? Bagaimana
Anda menilai kesiapan Anda saat ini, dalam skala 1-10? Apa alasannya? Apa yang
perlu Anda persiapkan lebih lanjut untuk bisa menerapkannya dengan optimal?
Manfaat memperlajari perspektif sosiokultural
membantu saya memahami pentingnya penerapan ZPD dalam pembelajaran karena ZPD
berfokus pada hubungan interkasi antara peserta didik dengan lingkungannya.
Kesiapan saya saat ini berada pada skala 7. Alasannya karena saya menyadari
bahwa memberikan penerapan ZPD saat kegiatan pembelajaran dapat membantu guru
menciptakan pembelajaran yang efektif. Hal yang perlu saya persiapkan lebih
lanjut untuk menerapkannya dengan optimal yaitu mempelajari lebih lanjut
mengenai penerapan ZPD serta memberikan bantuan berupa dorongan maupun petunjuk
sesuai dengan tingkat perkembangan dan latar belakang peserta didik.
Komentar
Posting Komentar